• Bingkai Kuratorial ARTEDUCARE #8 'SIDE BY SIDE'


    BINGKAI KURATORIAL
    Art Edu Care#8: Side by Side

    Di era kontemporer ini, gagasan untuk melihat dan merumuskan kembali pertanyaan tentang fungsi seni bagi masyarakat menjadi salah satu landasan maraknya praktek seni yang melibatkan peran aktif masyarakat. Belajar dari kehidupan masyarakat tradisi, dapat dilihat bagaimana seni tradisi melibatkan elemen-elemen pendukungnya, seperti : seniman, pendukung artistik, dan penonton yang menikmati. Di dalamnya ada spirit komunalitas, partisipasi, dan dedikasi dari masyarakat penyangganya.Sementara dalam kancah seni rupa modern barat, praktik seni yang melibatkan peran serta partisipan dikenal dengan istilah‘participatory art’ (seni partisipatori). Genre seni ini mulai mendapat perhatian dalam praksis maupun pewacanaan yang kemunculannya merupakan satu bentuk penentangan atas elitisme seni, ketika wacana seni hanya didominasi segelintir kepentingan (seniman-galeri) sementara masyarakat hanya menjadi konsumen. Seni partisipatori muncul menjadi alternatif dalam proses penciptaan seni dan memberikan kemungkinan bagi masyarakat awam menjadi bagian praktik/karyaseni.
    Seni Partisipatori memungkinkan setiap individu yang terlibat untuk mengeksplorasi hal-hal yang menarik dan berarti bagi kehidupannya. Sebab konsepsi dasar dari aktivitas seni ini adalah sebuah proses kreatif dimana seniman dan partisipan mampu memproduksi makna secara bersama-sama. Artinya, seniman bekerja bersama individu atau kelompok untuk mengeksplorasi ide-ide yang berarti bagi mereka dan bagai mana memaknai suatu hal yang telah dibuat.
    Seni Partisipatori berfokus pada kreativitas yang bersifat menantang dan memiliki daya gugah bagi seniman maupun partisipannya. Setiap proses kreatif yang dijalankan harus mampu menggugah kesadaran setiap individunya, untuk melihat suatu hal yang berarti bagi kehidupan mereka saat ini. Oleh karena itu, aktivitas-aktivitas seni yang dilakukan harus mengedepankan cara-cara yang kreatif,  non-linear, untuk mengeksplorasi potensi kreatif yang selama ini kadang terabaikan. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan perspektif alternative tentang identitas diri sendiri dan orang lain, yang akan ditunjukkan melalui sikap spontanitas, penggunaan bahasa, dan symbol visual dalam karya seni yang diciptakan.
    Seni Partisipatori bersifat actual dan kontekstual. Sebuah aktivitas yang menekankan pada pemahaman diri, penggalian potensi atas pengalaman dan identitas individu. Seniman dan partisipan memahami konteks keberadaan mereka dalam ranah sosial masyarakat dan budayanya. Bahan baku dari proyek seni partisipatori adalah pengalaman tertentu dari partisipan danseniman.  Keduanyaharusmenemukancarauntukmengungkapnya.

     Seni Partisipatori merupakan proses eksplorasi kreatif bersama,  sekaligus ruang belajar bagi seniman dan para partisipan. Memahami bahwa masing-masing individu memiliki potensi kreatif, pengetahuan dan ketrampilan maka seniman dan partisipan saling merumuskan pertanyaan yang akan menjadi landasan dari praktik seni yang dijalankan. Prinsip ini sekaligus menegaskan bahwa kerja seni partisipatori berbasis pada proses. Pada akhirnya seni partisipatori tidak hanya berfokus pada produk, tetapi juga pada ‘jejak-jejak yang ditinggalkan oleh seni’ itu sendiri.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Instagram

    @ArtEducare

    Twitter

    @ArtEducare_uns

    Facebook

    Art Edu Care

    Youtube

    Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS

    Universitas Sebelas Maret Surakarta

    Himproser - FKIP - Pendidikan Seni Rupa